Tidur Siang yang Benar


Sahabat blogger ada yang suka tidur siang ? Pasti ada banyak orang yang suka melakukan satu aktivitas ini, yaitu tidur siang. Tapi kalau saya sih tidak, saya lebih suka melakukan aktivitas lain. Bagaimana aktivitas tidur siang kalian ? berapa lama sih biasanya kalian melakukannya ?

Tidur siang juga termasuk salah satu amalan sunnah Rasulullah yang dapat menyegarkan tubuh dan meningkatkan produktivitas. Tidur siang yang dimaksud di sini adalah tidur sebentar pada waktu tengah hari antara jam 12 sebelum waktu Dzuhur maupun sesudahnya. Sebagaimana beliau bersabda :
"Lakukanlah Qailulah (tidur siang), karena sesungguhnya syaitan itu tidak melakukan Qailulah" (HR At-Tabrani)

Hal ini juga di singgung di Al-Qur'an, sebagaimana Allah SWT berfirman :
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan" (QS Ar-Ruum : 23).

Kalian semua tentu tau kalau tidur siang memang baik untuk kesehatan. Tidur siang juga suatu hal yang perlu untuk orang yang bekerja. Tapi banyak yang melakukannya dengan salah, sehingga tidur siang yang dilakukan tidak ada gunanya. Kebanyakan orang tidur siang dalam jangka waktu yang lama, bahkan bisa sampai berjam-jam. Padahal tidur siang yang baik ialah selama 30-45 menit.

Tidur siang memiliki beberapa manfaat yang berguna. Diantaranya seperti menurunkan tingkat stress anda, meningkatkan mood anda, meningkatkan produktivitas kerja anda, mencegah penyakit jantung, dll. Tapi manfaat-manfaat tersebut hanya akan anda dapatkan jika anda melakukannya tidak terlalu lama, maksimal selama 45 menit.

Oleh karena itu, marilah kita melaksanakan salah satu sunnah Rasulullah ini, yaitu tidur siang. Dengan catatan tidak melebihi 45 menit, agar kita bisa merasakan manfaatnya, tidak hanya mendapatkan kepuasan tidur semata.

0 komentar: