Bahaya Menahan Bersin


Semua orang pasti mengalami apa yang disebut bersin. Kalau ada yang tidak mengalaminya, berarti orang tersebut tidak normal, atau ada kelainan kesehatan atau yang lain. Bersin adalah hal yang wajar terjadi. Tiap orang kekhasannya sendiri disaat bersin. Ada yang keras sampai mengagetkan orang lain, ada yang pelan sekali.
"Secara umum, bersin adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk mengusir bakteri dan kuman yang mengancam kesehatan," terang Dr Gordon Siegel, seorang doktor THT dari Northwestern Feinberg School of Medicine (merdeka.com). 
Dari keterangan diatas kita bisa tahu bahwa bersin itu baik bagi kesehatan. Dan sekarang permasalahannya, pernahkah anda menahan bersin anda ? Kenapa sih kok harus ditahan ?

Menahan bersin adalah suatu hal yang buruk. Bersin itu sendiri kecepatannya bisa mencapai 161 km/jam. Bayangkan jika tubuh kita terpaksa menahan bersin dengan kecepatan tersebut dengan tiba-tiba, bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti :

  • Mimisan
  • Pecah gendang telinga
  • Gangguan pendengaran
  • Vertigo

 Kemungkinan terburuk hidung kita bisa patah. Bakteri dan kuman yang seharusnya keluar disaat kita bersin pun juga akan kembali masuk ke dalam tubuh kita.

Sudah jelas sekali bahwa tindakan menahan bersin adalah tindakan yang tidak baik untuk kesehatan. Apa anda masih mau menahan bersin lagi ?

0 komentar: