Beberapa Hal Penyebab Sariawan


Sariawan adalah penyakit yang sering kita jumpai dan kita alami. Penyakit ini bisa dibilang kecil, tapi jika ada penyakit ini kita akan kesusahan saat makan. Meskipun bentuknya kecil, tapi rasa sakit yang dirasakan tidak bisa diremehkan. Anda pasti akan sangat senang jika mengetahui bagaimana cara mengobatinya. Tapi bukankah lebih baik jika kita mengetahui apa penyebabnya sehingga kita bisa mencegahnya.

Lalu apa sajakah penyebabnya ? Berikut akan saya jelaskan beberapa penyebab munculnya sariawan.

1. Luka Karena Makan
salah satu hal yang sering menyebabkan sariawan adalah adanya luka di dalam mulut. Luka itu bisa terjadi disaat kita makan. Bila kita makan dengan terburu-buru dan tidak hati-hati, mulut kita bisa saja tergigit dan menimbulkan luka. Makanan atau minuman yang terlalu panas juga bisa melukai mulut. Oleh karena itu hindarilah makan atau minum yang terlalu panas dan berhati-hatilah saat mengunyah.

2. Luka karena sikat gigi
Menyikat gigi juga bisa menyebabkan sariawan. Menyikat gigi yang terlalu keras bisa melukai gusi kita. Oleh karena itu gosoklah gigi anda dengan pelan dan benar, tidak perlu terburu-buru.

3. Panas Dalam
Panas dalam juga bisa menyebabkan munculnya sariawan. Oleh karenanya hindarilah jajan sembarangan dan makanan pedas. Perbanyak minum air putih juga.

4. Kondisi tubuh tidak sehat
Kondisi tubuh yang tidak fit bisa menyebabkan sariawan. Tetap jaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Atur pola makan yang baik dan teratur, sehingga kebutuhan vitamin untuk tubuh kita terpenuhi.

5. Stress
Kondisi seperti tertekan atau stress bisa memicu berbagai penyakit, salah satunya adalah sariawan. Jika anda mengalami stress lalu muncul sariawan, sebaiknya anda beristirahat cukup dan kalau perlu liburlah sementara dari pekerjaan anda.

0 komentar: