Dampak Kurang Tidur


Tidur merupakan aktivitas terpenting dalam hidup kita. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari tidur. Tidur juga bisa memengaruhi kesehatan tubuh kita. Tidur yang kurang berkualitas atau yang biasa kita sebut kurang tidur memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita.

Terkadang kita dengan mudahnya menyepelekan masalah tidur. Banyak yang berpikir asal dirinya tidur itu sudah cukup, padahal tidur yang dilakukan tidak memenuhi kebutuhan tubuh kita. Ketahuilah bahwa kurang tidur tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kurang tidur dapat memberikan efek negatif bagi kita. Apa saja dampaknya ?

1. Stress
Orang yang sering mengalami kurang tidur cenderung sering marah-marah tidak jelas dan sering murung.

2. Mengurangi konsentrasi
Kurang tidur dapat mengurangi kemampuan kita untuk belajar dan mengingat informasi baru, sehingga mengurangi konsentrasi kita dalam belajar maupun beraktivitas.

3. Daya tahan tubuh menurun
Orang yang tidurnya kurang dari tujuh atau delapan jam hanya memproduksi sedikit antibodi. Hal itu menyebabkan orang yang kurang tidur daya tahan tubuhnya menurun dan lebih mudah terserang penyakit.

4.Memicu Penyakit
Kurang tidur tidak baik untuk kesehatan tubuh sehingga dapat memicu terjadinya berbagai penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dll.

5.Tidak baik untuk kulit dan mata
Kurang tidur tidak baik untuk kesehatan kulit. Kurang tidur akan menyebabkan kulit anda terlihat lebih pucat dan kusam. Kurang tidur juga akan membuat mata kita terlihat membengkak.

6.Obesitas dan kegemukan.
Disaat kita terjaga di malam hari, akan muncul peningkatan rasa lapar yang bisa memicu terjadinya obesitas atau kegemukan kalau kita tidak bisa mengontrolnya.

Jadi, kalau tidak mau mengalami hal-hal tersebut, sebaiknya anda tidak membiasakan tidur larut malam sehingga tidur anda akan cukup.

0 komentar: