Kebiasaan yang Membuat Gigi Menguning


Anda merasa gigi anda menguning ? kira-kira penyebabnya apa hayoo ? Apa karena pasta giginya kurang ampuh mutihin gigi anda ? wow jangan berprasangka buruk dulu.
Ada beberapa kebiasaan yang mungkin sering kita lakukan, tapi kita tidak tahu apa akibatnya. Dan diantara sekian banyak kebiasaan tersebut, ada beberapa kebiasaan yang mungkin bisa menjadi alasan kenapa gigi anda kuning. Mau tahu apa saja ? nih beberapa kebiasaan tersebut :

1. Menyikat gigi setelah makan yang manis
Anda sering segera menyikat gigi setelah makan yang manis-manis ? mulai sekarang hentikanlah. Setelah proses mengunyah, mulut berada dalam kondisi asam. Dalam keadaan ini gigi akan menetralisir keadaan mulut dengan mengeluarkan enamel untuk melidungi gigi. Jika anda segera menyikat gigi, enamel tersebut akan terbuang sia-sia dan bakteri akan berkembang. Disarankan menyikat gigi setidaknya 1 jam setelah makan.

2. Berenang
Berenang bisa menyebabkan gigi menguning. Hal ini disebabkan kandungan Klorin yang tinggi dalam air kolam. Klorin memengaruhi pH air yang menyebabkan kandungan asamnya lebih tinggi. Untuk itu disarankan menyikat gigi setelah berenang.

3. Merokok
Nikotin dalam rokok menyebabkan mulut menjadi asam. Rokok juga menyebabkan gusi cenderung menghitam. Sehingga sering dijumpai perokok memiliki gigi yang kuning.

4. Minuman berenergi
Minuman berenergi yang bertujuan menggantikan energi yang hilang, juga mengandung gula dan asam. Minuman berenergi diketahui bersifat korosif daripada air mineral. Zat-zat kimia yang terkandung dalam minuman berenergi cenderung merusak dan mengikis gigi.

5. Membuka suatu kemasan dengan gigi
ini nih, anda pasti sering kan melakukannya ? Satu hal yang pasti semua orang pernah lakukan. Tapi ternyata membuka kemasan dengan gigi bisa menyebabkan gigi kita menguning. Kebiasaan ini akan membuat gigi makin rapuh dan lemah, sehingga warna kuning cenderung menguning.

Bagaimana ? Apa anda merasa sering melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut ?
Kalau iya, kalau anda ingin gigi anda tidak menjadi lebih kuning lagi, kurangi kebiasaan-kebiasaan tersebut. Kalau anda tetap ingin melakukannya, yaa terserah sih.

0 komentar: