Larangan Meniup Makanan Atau Minuman


Sering kali kita melihat orang yang disaat akan menyantap makanan atau minuman yang panas, mereka meniupnya terlebih dulu sebelum menyantapnya. Dan saya pastikan anda sekalian juga pernah melakukannya bukan ? jujur saja saya dulu juga sering melakukannya. Tapi tahukah anda bahwa hal tersebut justru tidak baik ?

Rasulullah s.a.w. telah melarang kita meniup makanan atau minuman kita, meskipun dalam keadaan panas. Hal tersebut sudah jelas dalam beberapa hadits berikut :
1. Dari Abu Qatadah radhiyallahu anhu, Rasulullah s.a.w. bersabda
"Apabila kalian minum, janganlah bernapas di dalam gelas, dan ketika buang hajat, janganlah menyentuh kemaluan dengan tangan kanan" (HR. Bukhari 153).

2. Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma,
"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melarang bernapas pada bejana minuman atau meniupnya" (HR. At Turmudzi dan dishahihkan oleh Al-Albani).

Sudah jelas bahwa larangan meniup makanan atau minuman kita sudah menjadi sunnah Rasul.
Lalu mengapa kita dilarang meniup makanan atau minuman kita ?

Mari kita pikir dengan logika saja. Kita bernapas dengan menghirup dan menghembuskan udara. Disaat kita menghembuskan udara, kita juga mengeluarkan CO2 dari tubuh kita. Segala sesuatu yang dikeluarkan oleh tubuh adalah hal yang tidak diperlukan oleh tubuh atau bahkan berbahaya bagi tubuh, benar tidak ? Gas CO2 jika dalam konsentrasi tinggi bisa berbahaya bagi kita. Kemudian saat kita meniup makanan atau minuman kita, bisa saja ada partikel kuman atau bakteri dari mulut kita yang ikut keluar. Hal ini bisa dibuktikan melalui bau mulut kita.

Bila kita meniup makanan atau minuman kita, gas CO2 serta partikel kuman dan bakteri (yang mungkin saja) akan keluar dari mulut kita dan kemudian menempel di makanan dan minuman kita. Makanan atau minuman tersebut kemudian menjadi 'kotor', tidak bersih lagi. Masih maukah anda memasukkan hal yang 'kotor' tersebut ke dalam tubuh kita ?

Kalau begitu, kalau makanan atau minuman saya panas, saya harus bagaimana ?
Jangan bingung, kipasi saja makanan atau minuman kita yang panas itu, tapi jangan menggunakan kipas yang kotor dan berdebu, dan diamkan saja sebentar nanti juga dingin sendiri.

Jadi, setelah mengetahui hal-hal tersebut, masihkah anda akan meniup makanan dan minuman anda ? Kalau saya sih tentu tidak. Selain untuk kesehatan, dengan tidak melakukannya kita juga melaksanakan sunnah Rasul kita, lumayan kan dapat pahala ^^.

0 komentar: